Sabtu, 10 Maret 2012

7 Search Engine

1. Google

Google adalah situs mesin pencarian di internet yang didirikan tahun 1999 oleh Dua mahasiswa Ph.D. dari Stanford, Larry Page dan Sergey Brin. Perusahaan pribadi itu mengumumkan pada bulan Juni 1999 bahwa perusahaan itu telah memiliki sumber pendanaan sebesar $25 juta. Sumber pendanaan perusahaan meliputi Kleiner Perkins Caufield & Byers dan Sequioa Capital. Google menyajikan layanan melalui situs publik miliknya.
Bisa di akses melalui http://www.Google.com
( + ) Google :
  • Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
  • lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
  • Tampilan yang sederhana.
  • Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cache. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
  • Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
( - ) Google :
  • Banyak nya Spammer  yang menampilkan iklan-iklan yang tidak perlu
  • filter pencariannya terkadang langsung menuju hal yang private seperti Database, dan kadang kita mendengar google hacking, yaitu mencari data-data privacy.
2. Yahoo

Yahoo! adalah site
pertama yang berusaha mengatalogkan web, menawarkan daftar direktori dari setiap site penting, kemudian terlahir kembali sebagai web portal yang menggabungkan direktori dengan pencarian, berita, IM, e-mail dan jasa-jasa lainnya. Yahoo! ditemukan dan diluncurkan pada tahun 1994 oleh dua orang mahasiswa bernama David Filo dan Jerry Yang. Pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994. 
Bisa di akses melalu http://www.yahoo.com
( + ) Yahoo :
  • Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
  • Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
  • Fiturnya yang komplit.
  • Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.
( - ) Yahoo :
  • loadingnya membutuhkan waktu yang lama
  • tampilan terlalu maximalis 
3.Live Search

Live Search adalah mesin pencari web dari Microsoft. Saat ini, itu adalah yang paling banyak digunakan ketiga mesin pencari di Amerika Utara setelah Google dan Yahoo!. Awalnya bernama MSN Search, Live Search diluncurkan pada musim gugur 1998l. Pada awalnya, digunakan hasil pencarian yang disediakan oleh Inktomi, sebuah mesin pencari yang telah dikembangkan oleh profesor UC Berkley sebuah di pertengahan-1990 s. Inktomi kemudian bangkrut di dot.com bust 2000-2001 dan kemudian diakuisisi oleh Yahoo!.
Bisa di akses melalui http://www.livesearch.com
( + ) Live Search :
  • Mampu mencari informasi yang lebih spesifik dari google dari segi website, berita, gambar, dll 
( - ) Live Search :
  • Kurang dikenal oleh publik
4. Webcrawler
 

WebCrawler adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajah serta mengumpulkan halaman-halaman web yang selanjutnya diindeks oleh mesin pencari (Gatial E,2005). Desain sebuah web crawler harus dapat memenuhi berbagai tujuan yang kadang saling berbenturan, seperti kualitas halaman yang diambil, penyebaran dan pengurangan beban jaringan, kecepatan pengambilan, serta pada saat yang bersamaan tidak membebani server situs yang dikunjungi. WebCrawler juga sering dikenal dengan nama web spider atau web robot, yaitu salah satu komponen penting dalam arsitektur sebuah mesin pencari modern. Fungsi utama WebCrawler adalah untuk melakukan penjelajahan dan pengambilan halaman-halaman web yang ada di internet. Hasil pengumpulan situs web selanjutnya akan diindeks oleh mesin pencari sehingga mempermudah pencarian informasi di internet.
Bisa di akses melalui http://www.webcrawler.com
( + ) Webcrawler :
  • Mengetahui lebih detail tentang sebuah situs
  • Mampu mengeksplorasi rincian informasi sebuh situs dengan cepat
( - ) Webcrawler :
  • Halaman-halaman yang lamban saat dipanggil mungkin dilewati begitu saja
  • Kurang efisien saat mengeksplorasi
5. Looksmart 
 Looksmart lebih merupakan direktori dibayar dari mesin pencari benar. Akan sangat untuk akurat untuk mengatakan ini bukan, atau di antara keduanya. Namun, mereka telah berhasil "index" 2,5 juta halaman dan memiliki lebih dari 250.000 kategori. Setiap halaman yang dikembalikan dalam hasil pencarian mirip dengan Pay-Per-Click (PPC) iklan. Ini berarti bahwa situs yang diserahkan halaman setuju untuk membayar Looksmart jumlah tertentu (.15/minumum.) Jelas, jumlah situs bersedia membayar memiliki beberapa bantalan pada penempatan mereka dalam daftar hasil.
Bisa di akses melalui http://www.looksmart.com 
( + ) Looksmart :
  • Menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada penginklan teks
( - ) Looksmart :
  • Bukan situs web yang gratis
6. MSN
 Microsoft Network atau MSN adalah layanan situs web portal yang dimiliki oleh Microsoft dan diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 1995, MSN dapat dioperasikan dengan sistem operasi Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows XP dan Windows Vista.
Bagian-bagian dari MSN adalah Hotmail, Windows Messenger, My MSN, MSN Videos, dan Download IE8. MSN kini tersedia dalam semua bahasa di dunia.
Pada awalnya MSN dikuasai oleh Yahoo! dan mereka berniat untuk mempunyai pencarian produk tersebut pada tahun 2004 dan telah menyebarkan beberapa dokumen penelitian ini tidak pasti jika tidak akan dibantu oleh algoritma. 
Windows Live Messenger merupakan salah program pengirim pesan instan yang awalnya bernama MSN Messenger lalu Windows Messenger. Program ini diluncurkan oleh Microsoft sebagai pengganti MSN Messenger pada tanggal 19 Juni 2006.
Bisa di akses melalui http://www.msn.com 
( + ) MSN :
  • mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial. 
( - ) MSN :
  • Pencarian. Pencarian ini dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN. 
  • Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
7. Wisenut

 Searchenginesshowdown.com pada awal Maret 2002 menyatakan bahwa banyaknya informasi atau situs yang ditampung oleh database Wisenut.com adalah sekitar 579 juta buah. Sedangkan Wisenut.com mengklaim sekitar 1,5 miliar buah yang telah masuk dalam databasenya. Wisenut.com, sebagaimana layaknya sebuah search engine generasi terbaru, bebas dari banner iklan dan aneka image yang memberatkan. Tampilannya yang sederhana mempercepat mengaksesan halaman depan dan proses penampilan hasil yang dicari. Wisenut.com mampu mencari informasi ke konten dengan 25 bahasa dunia yang berbeda, tetapi tidak ada bahasa Indonesia.
Bisa di akses melalui http://www.wisenut.com
( + ) Wisenut :
  • Situs yang ditampung oleh database ini sekitar 579 juta buah. 
  • Terdapat 21 bahasa dunia yang berbeda tetapi bahasa Indonesia belum ada. 
  • Bebas dari banner iklan dan aneka image yang memberatkan. 
  • Menyediakan form isian untuk mencari database yang diinginkan. 
  • Adanya pemfilteran terhadap situs-situs pornografi.
( - ) Wisenut : 
  • Tidak ada bahasa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar